Entri Populer

Laman

Sabtu, 07 Mei 2011

makalah deskripsi sekolah




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………….. ( i )
DAFTAR ISI………………………………………………………………………. ( ii )
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang………………………………………………………. 1
B. Tujuan……………………………………………………………….. 1
BAB II
PEMBAHASAN
I. DESKRIPSI SEKOLAH
A. Gedung/Ruangan……………………………………………… 2
B. Keadaan Guru………………………………………………… 2
C. Keadaan siswa………………………………………………… 3
II. DESKRIPSI MASALAH SEKOLAH
A. Lingkungan Keluarga…………………………………………. 4
B. Lingkungan Sekolah…………………………………………... 4
C. Pemerintah…………………………………………………….. 4
III. DESKRIPSI PEMECAHAN MASALAH
A. Peranan Keluarga……………………………………………… 5
B. Peranan Sekolah………………………………………………. 5
C. Peranan Pemerintah…………………………………………… 6
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan…..………………………………………………………. 7
B. Saran-Saran…………………………………………………………... 8
C. Lampiran-Lampiran…………………………………………………. 9



KATA PENGANTAR
Salah satu upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), adalah melalui peningkatan mutu pendidikan.Hal ini terkat dengan jenjang pendidikan Sekolah dasar yang merupakan pondasi sebuah pemembentukan karakter generasi penerus bangsa Indonesia.
Untuk itu Sekolah senantiasa menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan khususnya Sekolah Dasar (SD).sehingga kami akan menguraikan sedikit masalah yang dihadapi Sekolah dan bagaimana uapaya mengatasinya.
Melalui makalah yang sangat sederhana ini kami menuliskan beberapa “Deskripsi Masalah pada SDN N0.184 Baru Kec.Sinjai Barat, berdasarkan hasil observasi kami.
Semoga bermanfaat dan masukan dari para pembaca sangat diharapkan demi penyempurnaan makalah ini.
Terima kasih.


Penulis,


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, peranan segenap jajaran pendidikan sangat menunjang keberhasilan peserta didik dan tentunya secara keseluruhan di butuhkan proses secara kontinyu dan berkesinambungan.Dalam hal ini, peranan segenap jajaran pendidikan tersebut mulai dari lingkungan keluarga,Lingkungan Sekolah serta Pemerintah.
“Pendidikan sebenarnya tidak lain daripada pertolongan dan bimbingan untuk membuat supaya anak didik kelak sanggup menolong diri sendiri”( Pestalozzi 1764-1827 ).
Sekolah merupakan lingkungan pendidikan yang memberikan andil yang tidak kecil artinya bagi pembinaan dan keberhasilan pendidikan.Oleh karena itu sekolah harus betul-betul mendapat perhatian secara khusus mulai dari strategistis gedung,kenyamanan lingungan,kelengkapan perangkat-perangkat pembelajaran,fasilitas yang memadai,sampai pada keadaan Guru dan murid-muridnya.
B. Tujuan Penulisan
Tjuan yang ingin dicapai dalam pembahasan ini adalah :
1. Merumuskan beberapa masalah salah satu sekolah dalam kaitannya dengan peningkatan mutu pendidikan.
2. Untuk mengetahui peranan setiap lingkungan yang terkait dengan masah yang timbul di sekolah dan dampaknya terhadap anak didik.
3. Untuk mengetahui langkah-langkah dean upaya yang yang ditempuh dalam menanggulangi setiap masalah yang dihadapi oleh sekolah.


BAB II
PEMBAHASAN
I. DESKRIPSI SEKOLAH
Nama Sekolah : SDN No.184,Baru
Alamat : Jln. Pendidikan baru
Desa/Kelurahan : Bontosalama
Kecamatan : Sinjai Barat
Kabupaten/Kota : Sinjai
Provinsi : Sulawesi Selatan

A. Gedung / Ruangan
o Kantor/Ruang kepala Sekolah = 1 buah
o Ruang perpustakaan = 1 buah
o Ruang UKS = 1 buah
o Rumah Guru = 2 buah
o Ruang kelas = 2 Unit/ 6 buah

B. Keadaan Guru
NO NAMA / NIP PANGKAT/JABATAN

1 AMINAH,A.Ma,Pd Pembina
19671010 198803 2 018 IV/a
2 Hj.MIHRAH,A.Ma,Pd Pembina
19621231 198306 2 045 IV/a
3 MUH.YUSUF,S.Ag P_embina
19551231 198803 1 050 IV/a
4 ST.ASIAH,S.Pd Penata
19681231 199307 2 004 III/c
5 MANSUR.M,A.Ma Penata
19710703 199903 1 009 III/c
6 RASMAWATI,A.Ma Pengatur muda Tk. I
19781116 200604 2 017 II/b
7 MUH.ASDAR,A.Ma Pengatur muda Tk. I
19850713 200804 1 001 II/b
8 UMAR,A.Ma Pengatur muda Tk. I
19860315 200904 1 004 II/b
9 KOBA Pengatur muda
19581231 198203 1 226 II/a
10 MUTHMAINNAH,A.Ma GTT
11 ADAM,A.Ma GTT
12 MUH.RIJAL,A.Ma GTT


C. Keadaan Siswa
Berdasarkan data yang kami peroleh, keadaan siswa SDN N0.184,Baru pada periode 2010-2011.Jumlah siswa sebanyak 99 orang dengan klasifikasi sbb.
KELAS
I II III IV V VI JUMLAH
L P L P L P L P L P L P L P
9 11 10 9 8 9 11 3 9 6 2 7 49 45


9 11 10 9 8 9 11 3 9 6 5 9 52 47 99
20 19 17 14 15 14 99

D. Foto-foto keadaan Gedung, keadaan siswa, dan keadaan Guru / Pegawai terlampir.


II. DESKRIPSI MASALAH SEKOLAH
Berhasil tidaknya sebuah sekolah dalam praktek kependidikan dapat dilihat dari keberhasilan peserta didiknya baik secara psikis maupun secara akademik.namun dalam hal ini Sekolah tidak dapat divonis bahwa ketidak berhasilannya pendidikan mutlak bersumber dari sekolah yang menempa anak didik tersebut.Meskipun sekolah sangat berperan dalam pembentukan karakter siswa,namun sekolah bukan sepenuhnya menjadi harapan oramg tua murid dalam membimbing dan mendidik anak-anaknya, Sebab banyak faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan sebuah pendidikan antara lain.

A. Lingkungan Keluarga
o Bagaimana Orang tua memandang keseharian anaknya di lingkungan masyarakat?
o Bagaimana Peranan keluarga terhadap perkembangan dan prestasi anaknya di Sekolah?
B. Lingkungan Sekolah
o Bagaimana Sekolah menciptakan lingkungan yang nyaman dan Strategis?
o Apakah Perpustakaan Sekolah difungsikan secara maksimal?
o Bagaimana peranan Pegawai administrasi dan Guru?
o Bagaimana Sekolah Mengatasi Perangkat-perangkat pembelajaran yang kurang memadai?
C. Pemerintah
o Bagaimana peranan pemerintah dan jajarannya dalam mengontrol masalah-masalah yang ada si Sekolah?



III. DESKRIPSI PEMECAHAN MASALAH
A. PERANAN KELUARGA
Keluarga adalah sebuah lingkungan yang sangat menunjang pembentukan karakter seorang anak, oleh karena itu Keluarga khususnya orang tua harus betul-betul memperhatikan perkembangan dan pergaulan anak-anaknya.Namun acap kali orang tua tidak menampakkan kesalahan dan kekurangan anak-anaknya sehingga anak tersebut terbiasa dengan keadaan yang diacuhkan.
Keluarga yang ideal bagi perkembangan karakter dan moral anak adalah keluarga yang senantiasa memberikan perhatian terhadap anak atas prilaku yang benar dan salah yang dilakukan anak-anaknya.
B. PERANAN SEKOLAH
Peranan Sekolah meliputi peranan guru/wali kelas,pegawai administrasi,Guru bidang studi, dan kepala sekolah.Peranan Sekolah sangatlah penting dalam menujang kenerhasilan seorang peserta didik khususnya Guru.
1.Guru
Beberapa hal yang Seharusnya dipahami oleh seorang guru diantarany adalah
a. Seorang Guru harus panadai menyelenggarakan ketertiban didalam kelas.
b. Guru harus sepenuhnya menguasai tiap-tiap pelajaran yang akan di ajarkan.
c. Guru harus pandai menyelami jiwa anak-anak ketika ia menceritakan sesuatu kepada meraka.
d. Guru harus mempunyai kepandaian yang kita namai pembatasan didaktis.Artinya ia tidak boleh terseret oleh kegemarannya pada satu mata pelajaran sehingga pelajaran-pelajaran yang lain kurang di hiraukan.
2. Pegawai Administrasi dan pustakawan
Peranan pegawai administrasi di sini adalah mereka harus mampu menyelesaikan tugas-tugas administrasi sebagaimana mestinya,termasuk dalam hal persuratan yaitu mengagendakan surat masuk dan surat keluar,dsb.


Peranan guru pustakawan disini terutama dalam hal memancing hasrat baca atau minat baca anak-anak, menata dan menciptakan suasana ruang baca yang nyaman,bersih dan menyenangkan sehingga perpustakaan dapat difungsikan sebagaimana mestinya.
Peranan kepala Sekolah selain daripada member contoh kepada guru-guru dan pegawai dalam hal kedisiplinan,Kepala sekolah juga harus betul-betul memperhatikan anggotanya dalam melaksanakan tugas-tugasnya.meempatkan diri pada posisinya sebagai manajer,organisaror,motivator,bagi guru dan murid-murid sehingga tetap terjaga keselarasan dan kedisiplinan sekolah.
C. PERANAN PEMERINTAH
Pemerintah pada umumnya adalah jajaran Departemen P dan K yang pada umumnya memiliki peranan yang sangat besar artinya bagi Sekolah. Pemerintah harus betul-betul memperhatikan kondisi sebuah sekolah mulai dari gedung lokasi sekolah termasuk penyediaan fasilitas seperti buku-buku bacaan,samapai pada pendidikan latihan ( DIKLAT ) dan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) bagi guru dan pegawai.hal ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan kemampuan dan kompetensi guru-guru dan pegawai.
Jajaran pemerintah seperti Pengawas TK-SD mengadakan kunjungan sekolah secara rutin dan mendata setiap kekurangan sekolah untuk kemudian ditanggulangi secara efektif.kunjungan pengawas ke sekolah-sekolah scara rutin akan member kesadaran dan kebiasaan guru/murid agar lebih aktif menyelesaikan tugas-tugasnya.sehingga kesalahan yang timbul tidak akan berlangsung alebih lama karena adanya kunjungan dan pembinaan dari para pengawas/penilik TK-SD.







BAB III

PENUTUP
A. KESIMPULAN
Berdasarkan observasi yang dilakukan pada SDN No.184 Baru Kec.Sinjai barat ini, dapat disimpulkan bahwa :
1. Permasalahan yang timbul dari pribadi anak didik hanya karena kurangnya kolaborasi antara orang tua murid dengan sekolah,dalam hal ini keluarga seolah tidak mengutamakan dan menganggap penting pendidikan abagi anak-anaknya.
2. Lokasi yang tergolong jauh dari ibukota kecamatan mengakibatkan lambatnya informasi-informasi penting bagi sekolah serta keterbatasan kunjungan pngawas TK SD.
3. Suasana ruang perpustakaan yang kurang kondusif seperti tidak adanya pegawai khusus perpustakaa,terbatasnya buku-buku bacaan yang menarik untuk dibaca anak-anak sehingga pustakaan tidak berfungsi secara maksimal.
4. Terbatasnya media dan modul pembelajaran sehingga menyulitkan guru-guru dalam melengkapi perangkat-perangkat pembelajaran dan berdampak pada pelaksanaan proses belajar mengajar.
Masalah-masalah yang diuraikan di atas, tentunya hanya bias diatasi secara maksimal ketika seluruh oknom yang terkait dengan sekolah ikut bekerjasama yaitu mulai dari Pihak Keluaga,Pihak sekolah,dan pihak pemerintah Seperti usaha pengadaan buku-buku bacaan/pelajaran,Alat peraga,kunjungan sekolah dsb.
Langkah-langkah tersebut merupakan rangakaian usaha pembinaan dalam kaitannya dengan usaha peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar pada umumnya.



B. Saran-Saran
Mengingat pentingnya perannan sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar khususnya SdN No.184,Baru Kec.Sinjai Barat, maka penulis dapat mengemukakan beberapa saran diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Agar penentu kebijakan khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan member perhatian yang lebih terhadap masalah –masalah yang terkait dengan kebutuhan setiap sekolah.
2. Agar semua Pegawai sekolah, mulai dari Kepala sekolah, guru, hingga pegawai administrasi sadar akan tugas dan tanggung jawabnya, sehingga PBM dapat berjalan dengan baik.
3. Sebaiknya semua Pranata sekolah mulai dari pemerintah, Dinas Pendidikan P & K, Cabang Dinas Pendidikan, Pengawas TK-SD, Kepala sekolah,Guru, hingga keluarga anak didik, terjalin kolaborasi yang baik sehingga kedisiplinan dapat terlaksana demi peningkatan mutu pendidikan.




Lampiran-Lampiran :
Foto keadaan Ged

2 komentar: